HATI-HATI: HARGA EMAS MELOROT DALAM 3 BULAN TERAKHIR DAN NAIK Rp10.000,-/gram DALAM 2 HARI TERAKHIR

Sahabat Griya yang saya cintai, huhui😉 tadinya judul yang mau saya buat sebenarnya adalah,“Benarkah Emas Pilihan Investasi yang Tepat?”
Hmmmm…. tapi saya rasa judulnya kurang nendang & kurang mengundang kayaknya yah? dan rasa-rasanya dengan judul itu, saya menjadi orang yang paling tahu tentang investasi, atau paling-paling yah sok tau… Hehee memang sih… Lha wong saya ini sekedar suka aja dengan investasi, tapi bukan pakarnya investasi, kan saya desainer🙂 Tapi gak ada salahnya buat share sama sahabat semua…🙂

Sahabat Griya, apakah sahabat pernah tertarik untuk berinvestasi dengan emas? Atau sama sekali belum pernah tertarik? Atau malah saat ini sedang bermain-main dengan emas?

Memang menarik membicarakan tentang emas ini, apalagi yang memang sudah menggandrunginya. Emas, bagi sebagian kalangan menjadi instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Bagi kalangan yang lain, emas kurang cocok jika dijadikan sebagai instrumen investasi. Dan bagi sebagiannya lagi menganggap emas sekedar alat untuk menabung saja.

Lalu, yang paling benar yang mana? Yah, tergantung argumennya masing-masing. Wah, nggak solutif nih… hehee… ya emang ini sekedar share aja kok, kalo bermanfaat silakan dilanjut, kalo tidak, ya silakan menikmati hasil karya desain saya dan memesannya, hahaaa…. kan saya desainer bukan pakar investasi😀

Bagi yang pingin lanjut yuk…. Sekedar berbagi pengalaman dan melihat-lihat yang bisa saya lihat. Coba lihat juga grafik yang saya ambil dari http://antamgold.com/ berikut ini,

Secara jangka pendek (sangat pendek), sepertinya emas memang kurang cocok kalo dijadikan sebagai instrumen investasi. Karena perubahan nilainya seperti itu. Tapi untuk jangka panjang, bolehlah emas dijadikan pertimbangan. Kalo bagi saya sendiri, sementara ini saya berpendapat bahwa emas lebih cocok sebagai alat untuk “hedging“, atau alat pelindung nilai. Jadi, emas akan membantu “menjaga nilai uang” kita. Jika kita punya duit sejuta, misalnya kita bisa beli 1 kambing saat ini. Sepuluh tahun kemudian kalo kita beli kambing pake uang sejuta, mungkin cuma bisa beli separo kambing. Emang ada yg jual separo ya?🙂

Tapi jika kita simpan duit tadi dalam bentuk emas, maka sepuluh tahun ke depan, kira2 kita tetap bisa beli 1 kambing seperti sepuluh tahun sebelumnya. Wah kalo gitu nabung kambing aja mas? hahaa ya terserah lah… kalo itu lebih bagus, lakukan aja.

Lalu, soal nilai emas cenderung naik terus, saya cenderung belum yakin saat ini. Kalo dengan alasan, dulu emas harganya 100.000 mas dan sekarang sudah 500.000 per gramnya. Apa benar itu bisa dibilang naik?

Bisa iya, bisa tidak. Kalo saat harga emas 100.000 bisa dibelikan 50 ayam dan sekarang pas harga 500.000 cuma bisa dibelikan 30 ayam, dengan penilaian sangat kasar, maka nilai emas justru turun. Tapi kalo sekarang bisa dapet 60 ayam, berarti riil nilai emas naik.

So, jika memang mau mengambil emas sebagai instrumen investasi, bolehlah mencoba dengan cara lain yang tidak sekedar menyimpannya saja. Barangkali dengan ikut seminar2 investasi emas akan ketemu alternatif cara untuk memanfaatkan sebagai instrumen investasi. Namun, jika sekedar untuk disimpan, sepertinya emas lebih cocok kalo diberdayakan sebagai alat pengaman nilai.

Demikian celotehan-celotehan yang sok tau dari saya. Kalo banyak salahnya, ya karna memang saya bukan ahlinya, tapi kalo bisa menambah wawasan & inspirasi, semoga menjadi amal kebaikan saya & sahabat-sahabat semua yang suka berbagi. Silakan kalo emang mau bagi2 celotehan saya ini. Salam hangat dari Griya Fakhru🙂

Leave a comment

Filed under Ruang INSPIRASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s