KUPAT KECEMPLUNG SANTEN, MENAWI LEPAT NYUWUN PANGAPUNTEN


Lebaran ketupat. Sebuah tradisi yang selalu melekat pada masyarakat Indonesia dalam menyambut hari raya Fitri. Merayakan hari kemenangan setelah berlatih melakukan peperangan terhadap hawa nafsu dan setan selama sebulan penuh. Men-training jiwa masing-masing agar pada bulan-bulan selanjutnya menjadi manusia yang lebih baik/meningkat (syawwal) kualitasnya.

Oleh karena itu masyarakat Indonesia merasa bahwa pembersihan diri untuk memulai peningkatan adalah sebuah keharusan. Pembersihan terhadap dosa-dosa dan kesalahan kepada Tuhannya dan kepada sesama.

Kupat kecemplung santen, menawi lepat nyuwun pangapunten. Sebuah parikan (ungkapan Jawa) yang mengandung arti “jika bersalah minta maaf”. Kupat sendiri difilosofikan oleh orang Jawa dengan ngaku  lepat yang bermakna mengaku salah. Dengan saling mengaku salah kemudian meminta maaf kepada sesama diharapkan dapat melebur dosa dan kesalahan diantara mereka sehingga sempurnalah kesucian itu. Manusia yang telah melakukan puasa penuh dan saling memaafkan akan kembali fitri (fitrah=suci).

Maka tidaklah mengherankan jika tradisi lebaran ketupat ini menjadi hal yang “wajib” bagi sebagian besar masyarakat. Akan tetapi yang paling penting bukanlah berpesta ketupat itu, melainkan memaknai kupat itu tadi sebagai pengakuan salah, ngaku lepat. Yang selanjutnya nyuwun pangapunten, meminta maaf.

Untuk itu, sekalian juga, saya menghaturkan permohonan maaf kepada seluruh pembaca dan pelanggan semua. Semoga segala dosa dan kesalahan kita kepada Allah dan di antara kita diampuni-Nya.

Taqabbalallaahu minnaa waminkum. Semoga Allah menerima (segala amal ibadah) kita semua.

Ja’alanallaahu minal ‘aa-idiin wal faa-iziin. Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali (suci) dan menang.

 

Salam spesial,

 

GriyaFakhru

 

1 Comment

Filed under Ruang Dunia Lain

One response to “KUPAT KECEMPLUNG SANTEN, MENAWI LEPAT NYUWUN PANGAPUNTEN

  1. saya juga mohon maaf lahir batin ya mas fakhru,
    silahkan mampir dan beri komen di blog baru (katalenterahati.blogspot.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s