MENCARI UNTUNG SAAT SAKIT

periksa__fakhru.files.wordpress.com

“Aarrrgggghhhh…” begitu keluhku saat badanku panas, nafas serasa berat, perasaan begitu gelisah, udara dingin menusuk tubuh, dan makan pun tidak enak sama sekali. Lidah terasa pahit, tak ada selera buat sekedar mencicip makan, padahal perut sudah memanggil karna tak diisi.

Yah, siapa yang bilang sakit itu enak? Memang benar-benar tidak enak! Begini tidak enak, begitu juga tidak enak.

Untunglah, segera saat itu, saya teringat saat ikut ngaji, bahwa saat sakit kita ternyata masih bisa mencari untung. Ya benar, mencari untung! Begini, pernah pak ustadz mengingatkan bahwa sakit itu akan menghapuskan dosa-dosa kita jika kita menerima sakit itu dengan sabar. Yup, itulah keuntungannya.

Meskipun susahnya bukan main, karena saya juga seorang opportunis (Haha… tapi opportunis yang baik-baik lho…) saya pun mencoba untuk ikut mengambil keuntungan itu. Berat memang, tapi kapan lagi punya kesempatan diampuni dosa-dosa saya? Dan… perlahan kucoba dalam sakit itu, untuk bersabar. Ya, bersabar.

Bersabar yang saya fahami adalah dengan berusaha/berikhtiar mencari kesembuhan plus berdoa. Bersabar bukan berarti berdiam diri, karena ikhtiar mencari kesembuhan itu wajib. Untuk itu saya berobat juga berdoa. Saya banyak-banyak berucap,”Astaghfirullaahal ‘adziim, astaghfirullaahal ‘adziim, astaghfirullaahal ‘adziim… Ya Allaah, jadikanlah sakit ini sebagai pembersih dosa-dosa hambamu yang sudah terlalu banyak ini. Ampunilah hamba-Mu yang tidak bisa bersyukur di kala Kau beri nikmat sehat. Ya Allaah, masukkanlah hamba-Mu ke dalam golongan orang-orang yang berterimakasih kepada-Mu.” Begitu, seketika rasa sakit itu reda. Betul! Serius! Rasa sakit tiba-tiba reda. Sayangnya, manusia langsung lupa jika mendapat nikmat. Maka, seketika itu juga rasa sakit langsung kembali.

Dan kembali saya mencoba menyadari, ternyata memang nikmat sehat itu justru terasa jika kita sedang sakit. Saat nikmat itu diambil sementara oleh pemiliknya. Namun, ketika nikmat itu kembali diberikan kepada kita, kita pun serta-merta tidak mengingatnya, tidak menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).

Nah, dengan pelajaran seperti ini, semoga saya, juga sahabat-sahabat semua akan menjadi manusia yang mudah bersyukur. Mari berdo’a,”Rabbi auzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya, wa ‘alaa waalidayya, wa an a’mala shaalihan tardhaahu, wa ashlihlii fii dzurriyyatii innii tubtu ilaika, wa inni minal muslimiin.”

Seandainya sahabat menemukan manfaat dalam tulisan ini, silahkan jika ingin men-share-nya dengan sahabat-sahabat yang lain. Semoga dapat menjadi bahan pembelajaran kita bersama dan menjadi ilmu yang bermanfaat serta menjadi amal jariyah kita semuanya. Aamiin.

2 Comments

Filed under Ruang INSPIRASI

2 responses to “MENCARI UNTUNG SAAT SAKIT

  1. Deg seketika respon tubuh manusia bereaksi dengan tanda tanda sakit……memang benar dengan sakit manusia dikurang dosa dosanya oleh Alloh dan ada kalanya juga Alloh ingin memberikan peringatan kepada manusia untuk lebih menjaga kesehatany…juga menjaga apa yang danugerahakan kepadanya…tangan untuk berbuat baik, kaki juga untuk melangkah kepada hal yang baik, Piiran dan hati untuk berprasangka yang baik, dan lisan kita senantiasa untuk menuju kepada hal yang baik..Keistiqomahan kita dalam menjaga semua yang diberikan Alloh itu sangat tidak mudah dalam menjaganya..karena manusia diberikan yang namanya nafsu..yang mengajak kepada hal yang mungkar…….olh krena itu. alangkah baiknya jika menjaga kesehatan secara lahiriyah dibarengi dengan menjaga secara Ruhaniyah baik itu dengan sholat, puasa, Perbuatan baik dan menjaga hati agar selalu mengarahkan untuk berbuat baik…diasmping itu juga dituntut untuk menjaga keihklasan dalam setiap hal yang kita kerjakan.

  2. fakhru

    ndherek pengaosanipun mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s