FOTO CLOSE-UP SERANGGA DENGAN KAMERA POKET

Sobat GriyaFakhru, kita semua tahu bahwa serangga itu hewan yang kecil dan banyak gerak. Itulah yang menyebabkan kita tidak mudah untuk memotret & menghasilkan foto yang bagus.

Nah, kali ini saya mau berbagi tips bagaimana memotret close-up serangga dengan kamera poket.

  1. Kenali objek yang akan difoto dan kameranya.
  2. Setting ukuran foto dengan setting yang paling besar. Ini dimaksudkan untuk mensiasati serangga yang kecil agar tetap bisa optimal gambarnya jika terpaksa tidak bisa meng-close up fotonya dan terpaksa hanya bisa di-crop lewat software pengolah foto.
  3. Pakai ISO (ASA) sesuai kondisi pencahayaannya. Karena yang dipakai kamera poket, saya lebih senang untuk mengambil gambar ketika kondisi cahaya tidak terlalu terang ataupun gelap, kira-kira pagi, menjelang siang atau sore hari. ISO yang digunakan sekitar 200-400.
  4. Cobalah dengan mode makro. Jika ada, kita juga boleh memakai mode ‘super makro’. Mode super makro saya gunakan ketika membidik objek dengan jarak sekitar 1-2cm.
  5. Jika menghendaki gambar yang tajam, bolehlah menggunakan flash. Tapi saya lebih senang tanpa flash agar hasil foto terlihat lebih lembut. Meskipun ini menjadikan perburuan foto menjadi lebih susah, karena objeknya suka bergerak sehingga fotonya rentan kabur.
  6. Dekati objek serangga sedekat-dekatnya semampu kita. Hati-hati, jangan membuat gerakan yang “mencurigakan” bagi dia. Gunakan zoom untuk membantu mendekatkan kamera ke objek dan sekaligus menghasilkan jangkauan/rana kamera yang besar. Cara ini menghasilkan fokus yang sempit sehingga background tampak kabur. Good… efeknya tampak seperti menggunakan kamera SLR.
  7. Hati-hati, jangan goyang. Makin maksimal zoom kamera, maka foto makin rentan kabur akibat goyangan meskipun hanya goyangan kecil. Jika ada, gunakan tripod untuk membantu stabilitas posisi kamera.
  8. Posisikan objek serangga di tengah foto. Kamera digital secara umum otomatis mengambil fokus yang di tengah. Tekan tombol foto setengah tekan (jangan sampai jepret) dan tahan untuk mendapatkan fokus objek dan mengaburkan background-nya. Geser kamera untuk mendapat posisi dan komposisi objek foto sesuai keinginan kita.
  9. Jprettt… jadilah foto close up serangga Anda yang indah. Good job…

Inilah hasilnya….

Bagaimana? Mau mencoba?

 

Leave a comment

Filed under Omah FOTO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s