SEHAT TANPA PAK DOKTER, bag.2

1.       Menu Makan yang Baik

  • 85-90% makanan nabati dan 10-15% protein hewani
  • Makanan tambahan untuk menu makan: teh herbal, tablet rumput laut, ragi, bee pollen, propolis madu, suplemen enzim, suplemen multivitamin & mineral.
  • Menghindari/membatasi makanan: produk-produk susu sapi, yoghurt, teh hijau jepang, teh cina, teh hitam inggris, kopi, makanan-makanan manis & gula, nikotin, alkohol, cokelat, lemak & minyak, garam meja biasa.

2.       Air yang Baik

  • Minumlah air yang memiliki kekuatan reduksi besar, yang belum terpolusi zat-zat kimia. Mengonsumsi “air yang baik” seperti air mineral atau air sadah, yang mengandung banyak kalsium dan magnesium, menjaga tubuh pda pH basa yang optimal.

3.       Orang dewasa sebaiknya minum setidaknya 6-10 gelas tiap hari; minum 1-3 gelas setelah bangun tidur, 2-3 gelas sekitar 1 jam sebelum makan.Pembuangan yang Teratur

  • Mulailah suatu kebiasaan harian untuk menyingkirkan polutan dari usus & untuk secara teratur membersihkan sistem Anda.

4.       Olahraga Secukupnya

  • Olahraga sesuai dengan usia & kondisi fisik penting untuk kesehatan. Tetapi olahraga secara berlebihan dapat melepaskan radikal bebas & membahayakan tubuh.

5.       Istirahat yang Cukup

  • Pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam & dapatkan 6-8 jam tidur tanpa terputus.

6.       Pernapasan dan Meditasi

  • Bermeditasilah
  • Berpikirlah positif
  • Tarik napas dalam-dalam dari perut 4 atau 5 kali per jam. Membuang napas harus 2x lebih panjang daripada menarik napasnya. Ini sangat penting karena menarik napas-dalam membantu menyingkirkan racun & radikal bebas dari dalam tubuh.
  • Kenakan pakaian longgar yang tidak menyesakkan napas Anda. (nah kan…, bagi temen-temen yang suka pake yang ketat-ketat, itu nggak bagus buat kesehatan diri, kesehatan mata, maupun kesehatan hati… hehe… ‘tul?)
  • Dengarkan tubuh Anda sendiri & perlakukan diri Anda baik-baik.

7.       Kebahagiaan dan Cinta

  • Kebahagiaan & cinta akan meningkatkan faktor enzim tubuh, terkadang bagai keajaiban.
  • Luangkan waktu untuk setiap hari untuk sikap menghargai.
  • Tertawalah
  • Menyanyilah
  • Menarilah
  • Hiduplah dengan penuh gairah & hadapi hidup, pekerjaan, & orang-orang yang Anda cintai dengan sepenuh hati.

Begitu critanya bapak-bapak, ibu-ibu, om, tante, pakdhe, mbokdhe, mas, mbak…

Oya, mending baca bukunya sendiri biar lebih joss, lebih lengkap tentang detil-detil bagaimana manusia ternyata bisa hidup sehat tanpa bergantung pada obat atau dokter.

Semoga bermanfaat, semoga sehat dan panjang umur….

9 Comments

Filed under Ruang Dunia Lain

9 responses to “SEHAT TANPA PAK DOKTER, bag.2

  1. rais

    Buagus! Sayang aku cuma pernah liat bukunya, tapi belum baca, jadi belum bisa banyak komentarnya..

    • fakhru

      beli aja di toko2 buku mas rais…
      harganya mungkin sdh turun banyak. Coba cari di Social Agency atau toko2 yang lain.

  2. saya suka sehat.apalagi bu dokter

  3. rais

    mas fakhru punya bukunya?

  4. ayo Fakhru jangan macam macam ya???????? ho ho ho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s