NGURI-URI KABUDAYAN MBATIK

Sampun dangu Taman Pintar ngadeg lan buka… eh lagi saiki iso nyempatke dolan tenanan ing kono. Yah, sebenernya dah pernah masuk sana sih, tapi cuma sekedarnya n gak bener2 berkunjung. Nah, kali ini mungkin karena pas Lebaran n diajak sedulur2 dolan ke sana ya ikut aja deh, kalee bisa buat pendahuluan kalo besok punya anak, hweheheheee… (pikirane kadohan yoben) Nah ini salah satu yang bener2 bagus n berkesan, apa itu? yup, nguri2 kabudayan mbatik… experiencing of making the batik (halah bosone inggris waton salah po waton bener yo…?) Ini dia cara2 mbatik (simulasi sinau mbatik ng TamPin):

1. nggambari sket ng kain pake pensil
2. memberi “malam” (bukan night ato bengi lho…) untuk gambar yang nantinya punya hasil warna putih/warna kain aslinya
3. abis tu kain dibasahi mpe rata buat diwarnai habis ini
4. nah ini diwarnai pake pewarna kain
5. trus dijemur sekitar 3 menit gitu, kering deh…
6. trus dibilas pake air apa yah kok lali…

abis tu dimasak pake kwali. sayang gak ada potonya nih…

7. jadi deh batiknya, trus dijemur lagi biar kering n bisa dipake…

Nah, buat adek2 ato yg punya adek monggo2 dikunjungi tuh Taman Pintar biar tambah pinter. Maap, saya memang suka masarin produk2 barang ato jasa, tapi saya bukan marketingnya Taman Pintar. Cuma, saya memang selalu memasarkan barang n jasa yang berkualitas itu BENAR ADANYA. Hehehehe… Meskipun ini gak bermanfaat secara finansial bagi saya, tapi Taman Pintar termasuk yang bagus, jadi ya tetep saya pasarkan. ‘n khusus stand membatik di “Rumah Batik” Taman Pintar ini kemaren saya GRATIS, FREE, BEBAS BIAYA! Pasti bermanfat! Percaya deh… Insya Allaah

2 Comments

Filed under Ruang Dunia Lain

2 responses to “NGURI-URI KABUDAYAN MBATIK

  1. fakhru

    di Taman Pintar. Udah di tulis di atas bro…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s