KEPONAKANKU “NGEMPLOK” JARUM PENTUL(Sebuah pembelajaran parenting, kreativitas, & kenekatan)

Ups…

Sepulang dari salah satu bank syariah buat ngurus pinjaman dari gadai, bukannya mendadak dangdut, tapi bener2 mendadak kaget ngeliat keponakan yg masih balita (kira2 umur 2 thn klo gk salah) ngemplok jarum pentul. Spontan saja aku keluarkan jarum itu dari mulut si adek dan (sedikit) marah2 ama mbakyu sepupuku yang sedang main kerumah dan asyik berkomputer ria dengan posisi tidak jauh dari anaknya itu.

“Mbak, piye to iki? anake nganti ngemplok jarum?!” kataku. Di luar itu aku juga sempat membatin,”Apa emang gak gampang ya klo besok aku juga ngurus anak?”. Hehe, angan2 yg masih jauh…

Mencoba2 merenungi, mengambil hikmah dari cerita itu:

  • Mendidik anak kudu telaten & hati2. Sering2 ngulatke anake… (wah ini namanya belajar sebelum mengalami, hehe…)
  • Anak kecil itu sangat, bahkan terlalu kreatif, plus nekat. Teringat sebuah buku yang isinya mengatakan bahwa tingkat kreatifitas itu ternyata makin menurun seiring bertambahnya usia. Anak2 punya kreatifitas hingga 90% dari kapasitas kreatif otaknya, sedangkan orang tua/dewasa hanya tinggal 5-20% (yang sebenarnya bisa saja dimaksimalkan lagi).
  • Sebuah sindiran juga ternyata aku hanya berani menggadaikan barang buat usaha. Dia berani menggadaikan nyawa buat sebuah pengetahuan saja. Hmmm… pengetahuan ‘kan emang mahal ya harganya… hehe masih juga berkelit… Kesimpulannya nekat pangkal maju! opo bener yo…

Nah, begitulah secuil cerita yg gak mutu tp tyt bisa di-mutu-i. Klo sekiranya temen2 mendapatkan manfaat dari cerita ini, boleh kok dishare ama temen2 yang laen. Semoga bermanfaat & menginspirasi kita semua.

 

Leave a comment

Filed under Ruang Dunia Lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s